Lomba Media Inovasi Bimbingan dan Konseling & Mini Seminar “Optimalisasi Smartphone di Era Digital”

Program studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan lomba novasi media bimbingan dan mini seminar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 33 UMBY, pada Kamis, 12 Desember 2019 di Auditorium UMBY Kampus III Condong Catur Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung ramai dengan kehadiran kurang lebih 200 orang peserta mini seminar dan peserta lomba dari berbagai sekolah SMA/K di DIY dan sekitarnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Palasara Brahmani Laras, M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan media inovasi bimbingan dan konseling ditujukan untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kreativitasnya. “Selain itu kegiatan mini seminar dengan tema optimalisasi penggunaan smartphone di revolusi industri 4.0 dalam membangun literasi digital ini ditujukan untuk mendiskusikan mengenai pemanfaatan smartphone untuk menjadi insan smart people”, tegasnya

Ir, Wafit Dinarto, M.Si.  Dekan FKIP UMBY yang membuka langsung kegiatan ini memberikan apresiasi pada prodi BK yg telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini, dengan penekannan  Inovasi menjadi poin penting di era revolusi industri 4.0. Dekan juga berharap lomba akan  memunculkan media inovasi di BK sejalan dengan tuntutan perkembangan zaman.

“Smartphone sudah menjadi konsumsi sehari-hari,  akan tetapi pemanfaatan teknologi sebagai media literasi digital sangat kurang, maka hendaknya perlu menjadi perhatian.  Maka melalui mini seminar ini, harapannya menjawab upaya-upaya kita bersama dalam memanfaatkan smartphone secara maksimal namun  bijak” tuturnya.

Narasumber mini seminar, Luky Kurniawan, M. Pd, Dosen FKIP UMBY dalam paparannya menjelaskan bahwa era disrupsi 4.0 berdampak luas termasuk di dalamnya dalam bidang pendidikan. Kegiatan pengajaran tidak hanya dengan cara konvensional tetap dikombinasikan dengan pemanfaatan teknologi. “Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi tidak hanya membawa kemudahan tetapi membawa dampak negatif lain. Oleh sebab itu pemanfaatan teknologi ini perlu di atur sedeikian rupa sehingga proses edukasi tetap berlangsung dengan baik” tambah Luky.

Kaprodi BK UMBY, Abdul Hadi, M.Pd disela-sela seminar menjelaskan bahwa perkembangan digital yang masif saat ini berdampak pada penyebaran informasi yang dapat secara luas dan mudah. Sikap yg perlu dikembangkan menanggapi situasi ini yaitu perlu memahami dengan baik literasi digital sehingga dapat memanfaatkan teknologi secara bijak. Saat menerima kinformasi, kita tak hanya melihat, melainkan melakukan analisis, menguji kebenaran, dan menentukan pilihan informasi yangg diperoleh.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba media inovasi bimbingan dan konseling yang diadakan bagi seluruh siswa SMA/SMK SE DIY dan sekitarnya.  SMK Sanjaya Pakem menjadi pemenang 1 pertama lomba media inovasi dalam bimbingan dan konseling,  diikuti  SMK Muhammadiyah 1 Turi, sebagai pemenang 2 dan SMK Kesehatan Sadewa pemenang ke 3 serta Juara harapan 1 dari SMK BOPKRI 2 Yogyakarta.

Berita ini telah tayang di situs Ristekdikti

http://lldikti5.ristekdikti.go.id/home/detailpost/prodi-bk-umby-seminarkan-optimalisasi-smartphone-di-era-40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *