Capaian Akreditasi “SANGAT BAIK/B” Program Studi Bimbingan dan Konseling UMBY

Program Studi Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berhasil meraih akreditasi B.

Akreditasi terbaru dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu berlaku 2019-2024, sebagaimana tertuang di dalam Surat Keputusan (SK) BAN-PT  Nomor 3525/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019, tertanggal 17 September 2019.

“Tentu kami patut bersyukur dan bangga diraihnya akreditasi B tersebut,” kata Humas UMBY, Widarta MM, kepada koranbernas.id di kantornya Jalan Wates Km 10 Sedayu Bantul, Rabu (25/9/2019).

Visitasi perdana ke Prodi BK  dilakukan Senin 9 September 2019. “Prodi ini baru berdiri 2015. Jadi belum genap 4 tahun berdiri sudah mendapat akreditasi B, ini sangat baik,” katanya.

Diraihnya akreditasi itu tidak lepas dari kelengkapan dokumen di setiap standar, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang sudah berjalan baik, kekhasan visi  Prodi  BK UMBY yang berorientasi  terhadap Konseling Komunitas  serta dukungan dari setiap unit dan lembaga di kampus tersebut.

Kaprodi BK, Abdul Hadi MPd, menambahkan perolehan akreditasi B ini  patut disyukuri. ”Peringkat tersebut menjadi modal Prodi BK untuk mewujudkan visi prodi BK dan kami lega atas hasil akreditasi tersebut,” kata Hadi.

Prodi BK memiliki ambisi meningkatkan program yang diusulkan oleh asessor sehingga dapat meraih predikat yang lebih tinggi.

“Diperolehnya akreditasi tersebut tidak membuat puas Prodi BK. Tantangan ke depan adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar terus membaik,” tambahnya.

Maka sangat  dibutuhkan sinergisitas seluruh elemen civitas akademika Prodi PK, baik mahasiswa maupun dosen dan tenaga kependidikan lainnya.

Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah, mengatakan diraihnya akreditasi B patut disyukuri. “Semoga ke depan prodi BK semakin berkembang dan semakin mendapat kepercayaan masyarakat,” kata rektor. Dia berharap prodi-prodi lain di UMBY terdorong untuk terus berbenah dan meningkatkan akreditasinya

Berita ini telah tayang di Koran Bernas, 26 September 2019

https://www.koranbernas.id/berita/detail/prodi-bk-umby-raih-akreditasi-b

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *