Career Talk: Berbagi Cerita Seputar Bimbingan dan Konseling

Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkomitmen melakukan sosialisasi pentingnya hidup sehat dan mengedukasi khalayak umum dengan adanya  imbauan sosial distance seperti saat ini. Salah satunya dengan acara sosialisasi live instastory carier talk sebagai salah satu sarana pembelajaran secara online.

Dosen BK FKIP UMBY Palasaraya Brahmani Laras, M.Pd mengatakan, masalah kesehatan mental dan karakter saat ini menjadi ranah yang melibatkan banyak pihak, salah satunya guru BK. Apalagi sekarang dengan adanya masalah penyebaran Covid 19 atau Coronavirus disease ini sangat meresahkan dan membuat ketakutan serta kecemasan dan saling berburuk sangka antarmasyarakat saat ini.

“Kondisi demikian (adanya masalah penyebaran Covid 19 atau Coronavirus disease ini sangat meresahkan dan membuat ketakutan, serta kecemasan dan saling berburuk sangka antarmasyarakat) dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental masyarakat, sehingga perlu juga memberikan semacam konseling untuk mereduksi kecemasan pada khalayak,”

“Kondisi demikian dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental masyarakat, sehingga perlu juga memberikan semacam konseling untuk mereduksi kecemasan pada khalayak. Karena itu, dihadirkanlah acara sosialisasi sekaligus sarana edukasi pentingnya hidup sehat melalui acara kegiatan Live InstaStory Carier Talk, pukul 13:00-14:00 WIB, pada Kamis,” ungkap Palasaraya, sebagaimana disampaikan Humas UMBY Widarto SE MM, Sabtu, 4 April 2020.

Disampaikan juga jika adanya himbauan tentang sosial distance, acara online, seperti Live InstaStory di Instragram menjadi sangat efektif dalam memberikan informasi yang bermanfaat kepada khalayak pula. Dalam acara tersebut peserta sangat antusias ditunjukkan dengan beberapa pertanyaan, seperti peran BK dalam menangani Covid 19, serta pertanyaan mengenai prospek kerja jurusan BK.

Berbicara mengenai Prodi BK, menurutnya Guru BK merupakan profesi yang cukup familiar bagi seseorang yang mengenyam pendidikan formal. Tak jarang siswa-siswa mengidolakan guru (BK) di sekolah masing-masing, kemudian bercita-cita ingin menjadi seorang guru BK. Prodi BK merupakan jalur perkuliahan yang dapat ditempuh seseorang ketika bercita-cita ingin menjadi seorang guru BK

Berita ini telah tayang di Sinarpedia, 4 April 2020

http://siarpedia.com/2020/04/04/pembelajaran-live-instragram-bentuk-sosial-distance/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *