Journal Club dengan tema ‘Membangun Komunikasi Efektif di Era Adaptasi Kebiasaan Baru pada Masa Pandemic Covid 19’

Sceanshot acara

Dalam era adaptasi kebiasaan baru (AKB), seperti saat ini yang menunjukan bahwa telah terjadi perubahan yang sangat besar dalam aktivitas sehari-hari, khususnya komunikasi yang terjadi di masyarakat imbas dari masa pandemi Covid-19. Agar dapat menyampaikan pesan dengan efektif pada situasi kebiasaan baru ini dibutuhkan kemampuan dalam menggunakan teknologi komunikasi, dan juga digital self-branding.

Demikian disampaikan Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Luky kurniawan MPd berkaitan acara Journal Club dengan tema ‘Membangun Komunikasi Efektif di Era Adaptasi Kebiasaan Baru pada Masa Pandemic Covid 19’. Dengan menghadirkan pembicara Eka Anisa Sari SIKom MIKom, seorang Dosen, Presenter AdiTv, sekaligus Diajeng Kota Yogyakarta pada tahun 2017.

Dikatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan kehidupan normal masyarakat. Mengatasi pandemi ini juga bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan sinergi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dengan masyarakat. Keduanya perlu menjalankan perannya masing-masing sebaik mungkin. Dalam bidang pendidikan, tantangan memasuki masa new normal juga tidak mudah, sehingga diperlukan kehati-hatian dalam melangkah.

“Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan mahasiswa BK UMBY pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya,” 

Sedangkan Jurnal Club UMBY terselenggara kerja sama Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseli (Himabiko) UMBY dengan Prodi BK UMBY. Kunti Mu’alima, Ketua Himabiko UMBY mengatakan, Journal Club ini merupakan acara rutin per semester yang diadakan Himabiko UMBY. “Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan mahasiswa BK UMBY pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya,”  ucap Kunti Mu’alima, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 28 Desember 2020.

Eka Anisa Sari pada saat pemaparan materi menyatakan, digital self-branding yang baik tidak hanya diukur melalui pengalaman seseorang yang banyak, namun juga melalui bagaimana seseorang mampu menceritakan hal-hal tersebut dengan baik. Digital self-branding perlahan dapat terbangun melalui cerita atau konten yang menarik dan diminati oleh banyak orang. Karenanya, penting untuk membangun reputasi yang baik dari sekarang.

Berita ini telah tayang di

https://siarpedia.com/2020/12/28/penting-membangun-reputasi-baik/