Salam hangat dari kami

Karateristik belajar di perguruan tinggi berbeda dengan belajar di sekolah menengah. Karakteristik utama studi pada tingkat perguruan tinggi adalah kemandirian, baik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar maupuan dalam pengeloaan diri sebagai mahasiswa. Tuntutan kehidupan saat ini yang menuntut individu untuk dapat bersaing dan bekerja sama, karena itu kemampuan membangun, menciptakan kerja sendiri, dan berwirausaha merupakan life skills (kecakapan hidup) yang harus ditumbuh-kembangkan pada diri sivitas akademika Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai upaya mengokohkan eksistensi karir kehidupannya.

Peningkatan kualitas pribadi mahasiswa, lulusan dan juga dosen serta tenaga kependidikan sebagai komponen inti dalam tubuh UMBY perlu difasilitasi dalam suatu wadah yang akuntabel, legal, akomodatif dan bahkan futuristik untuk pengembangan UMBY ke depan. Wadah yang dimaksud dibingkai dalam lembaga resmi yang disebut: “Unit Pelaksana Teknis Layanan Bimbingan dan Konseling Universitas Mercu Buana Yogyakarta” UPTBK berdasarkan layanan dan fungsinya memberikan layanan kepada civitas akademika melalui program layanan konseling, layanan pengmbangan karir atau career centre (CC) dan layanan penilaian kebutuhan (need assessment).

Untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling pada seluruh civitas akademika Universitas Mercu Buana Yogyakarta, selain memberikan layanan pada civitas akademika UMBY, juga memberikan layanan kepada masyarakat umum (keluarga, sekolah, lembaga dan komunitas).

Kepala UPTLBK
Palasara Brahmani Laras, S.Pd., M.Pd.

Visi UPT-LBK

Menjadi unit pengelola layanan bimbingan dan konseling yang unggul, bermutu, dan bermanfaat dalam mewujudkan kesejahteraan psikologis baik civitas dan masyarakat.

Misi UPT-LBK

1. Menyelenggarakan layanan konseling bagi civitas akademika maupun masyarakat.

2. Menyelenggarakan layanan yang berguna untuk pemahaman potensi diri, maupun pengembangan kepribadian

3. Memberikan pelatihan kepada civitas akademika maupun masyarakat guna persiapan memasuki dunia kerja, pengembangan kepribadian mahasiswa, maupun karyawan.